WAGUB TEKANKAN KEBERSIHAN KUNCI TINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN

Mataram – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menekankan untuk memprioritaskan masalah kebersihan sebagai kunci meningkatkan wisatawan yang datang berkunjung ke NTB.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur dalam memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Pariwisata Daerah dengan tema “Strategi Pengembangan Kepariwisataan Menuju 4,5 juta Wisatawan Tahun 2020” yang dilaksanakan di Ballroom Rinjani Hotel Lombok Raya, Rabu (9/10/19).

Pada sambutannya, Wakil Gubernur berpesan kepada seluruh stakeholder yang terlibat baik itu dari pemerintah daerah, OPD, pelaku wisata, dan seluruh masyarakat NTB untuk tetap bersinergi, gotong royong, bersama-sama sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk pengembangan pariwisata NTB.

“Untuk mewujudkan rencana besar kita mendatangkan 4,5 juta wisatawan pada tahun 2020, tentu kita juga harus memperhatikan hal-hal kecil, (seperti) masalah integritas, masalah tata kelola, dan tentunya masalah kebersihan yang harus mendapatkan atensi khusus,” ujar Wakil Gubernur.

Hj. Rohmi ingin memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan yang berkunjung, wisatawan dapat merasakan keramahan, keamanan, dan kenyamaan di berbagai destinasi wisata NTB.

“Karena promosi yang paling baik itu bukanlah datang dari kita, promosi terbaik datang dari para wisatawan langsung yang datang ke NTB,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu Moh. Faozal, pada kesempatan itu melaporkan pengembangan destinasi wisata dengan mengembangkan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). KSPN tersebut ialah KSPN Pantai Selatan Lombok, KSPN Rinjani, KSPN Gili Tramena (Trawangan, Meno, Nanggu), KSPN Moyo, dan KSPN Tambora.

Ia juga menyampaikan untuk meningkatkan konektivitas domestik dan international dengan memperbanyak direct flight dari Lombok ke luar daerah (domestik dan international) maupun sebaliknya.

“Memaksimalkan pengembangan wisata dan menargetkan 4,5 juta wisatawan pada tahun 2020, akan berdampak baik pada event besar yang kita tunggu-tunggu pada tahun 2021, yaitu pagelaran MotoGP,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *