SAPA MASYARAKAT BUER DAN ALAS, GUBERNUR DORONG PERCEPATAN INDUSTRIALISASI

Sumbawa – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyapa masyarakat Kecamatan Buer dan Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Minggu, 13 September. Dalam Kunker kali ini, Gubernur melihat produk-produk lokal yang dibuat oleh masyarakat setempat. Selain itu, Gubernur meminta masyarakat untuk terus mengembangkan produk-produk lokal ini.

“Produk lokal kita tidak kalah dengan produk luar,” ungkap Gubernur sambil mengecek produk-produk yang dipajang.

Beranjak ke tempat pertemuan selanjutnya, Gubernur yang kerap disapa Bang Zul ini mampir di sebuah tempat produksi rokok yang baru mulai beroperasi. Ia terlihat kagum dengan masyarakat yang telah mulai menggeluti industrialisasi walaupun masih dalam skala kecil.

“Yang disebut Industrialisasi ini, ya sederhana-sederhana saja. Ini di Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, dengan mesin sederhana, tambakau diolah jadi Rokok Kretek,” ungkapnya.

Gubernur menyempatkan diri menonton final main jaran, atau pacuan kuda khas pulau Sumbawa. Dari arena pacuan kuda, rombongan menuju kantor camat Buer bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Buer. Di sini gubernur menyerahkan bantuan kepada beberapa masjid. Selain itu juga bantuan kursi roda kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selanjutnya rombongan Gubernur menuju Desa Marente Kecamatan Alas. Untuk diketahui, Desa Marente adalah desa orang tua Gubernur. Rombongan diajak berkeliling berjalan kaki mengelilingi Desa Marente. Gubernur menyerap langsung aspirasi masyakarat Desa Marente. Gubernur juga menyempatkan diri mampir salat di rumah pamannya, H. Imbang DI, saudara ayahnya.

Dari Desa Marente, Gubernur sudah ditunggu masyarakat dan pengurus masjid Jamiq Al-Ikhsan Kecamatan Alas. Gubernur meletakkan batu pertama pembangunan menara masjid. Masjid ini direnovasi total. Gubernur juga memberikan bantuan renovasi masjid.

“Semoga pembangunan berjalan lancar. Sehingga masyarakat Kecamatan Alas segera bisa menggunakan masjid ini,” katanya.

Dea Imam masjid, DA Kadir mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan gubernur. Demikian juga mantan Wagub NTB, H. Bonyo Thamrin Rayes. “Kita bangga dengan putra Sumbawa yang kini menjadi Gubernur. Untuk itu kita harus mengikuti anjuran dan petuahnya,” kata Bonyo.

Selanjutnya, Gubernur bersama rombongan menuju Desa Juranalas. Tampak gubernur disambut meriah dengan berbagai kesenian daerah. Mulai dari ratib dan tari-tarian. Di sini, Gubernur bersilaturahmi dengan sejumlah Kepala Desa Kecamatan Alas. Tampak hadir juga mantan Wakil Gubernur NTB, H. Bonyo Thamrin Rayes.

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga memberikan sejumlah bantuan kepada beberapa masjid. Juga bantuan kursi roda kepada warga yang membutuhkan.

Kepala Desa Juranalas, Hasanuddin mengucapkan terimakasih atas kunjungan gubernur dan rombongan. Sambil silaturrahmi, Kades se-kecamatan Alas menggelar acara “Melala” yakni pembuatan minyak Sumbawa. Kegiatan berlangsung hingga Minggu malam. (Humas NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *