IMPOR SAPI DARI AUSTRALIA, GUBERNUR NTB TINJAU KESIAPAN PELABUHAN

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Bayu Windya dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani, melakukan peninjauan Pelabuhan Bongkar muat Pelindo III Lembar, selasa (13/8).

Peninjauan tersebut dalam rangka memastikan secara langsung kondisi dan kesiapan pasilitas Pelabuhan Bongkar Muat yang dikelola PT Pelindo III cabang Lembar itu, dalam mendukung rencana Pemprov NTB melakukan impor Sapi dari Negara Australia.

General Manager (GM) Pelindo III cabang Lembar, Erry Ardiyanto mengatakan, pihaknya sangat siap dalam mendukung proses bongkar muat sapi-sapi yang akan didatangkan dari Australia ke NTB tersebut. Ia menjelaskan pasilitas bongkar muat yang dimiliki Pelindo III Lembar saat dinilai cukup memadai untuk mendukung program pemerintah provinsi NTB, selain itu saat ini Pelindo III juga telah dilengkapi pasilitas timbangan dengan kapasitas 35 ton.

Untuk awal, sebagai tahapan uji coba, Pemprov NTB berencana akan mendatangkan 500-1000 ekor Sapi dari Negara Kanguru itu. Sambil terus melakukan penataan dan menyiapkan kandang-kandang kolektif di NTB sebagai tempat melakukan proses penggemukan sapi.

Selain meninjau kesiapan pelabuhan, gubernur bersama calon investor Bapak Hendri juga meninjau kesiapan rumah potong hewan (RPH) Banyumulek dan kandang kolektif yang berada di Lembar.

Kedepan Provinsi NTB dirancang sebagai centra produsen sapi dan daging nasional. Sapi-sapi yang didatangkan dari Australia, terlebih dahulu akan dilakukan penggemukan di NTB, sebelum dilakukan pemotongan dan pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *