CIPTAKAN WIRAUSAHA BARU UNTUK NTB SEJAHTERA DAN MANDIRI

Mataram – Salah satu misi NTB Gemilang adalah Sejahtera dan Mandiri, untuk mewujudkan misi NTB Gemilang ini adalah membentuk sebanyak-banyaknya wirausaha di seluruh wilayah provinsi tercinta ini. Usaha untuk membentuk wirausaha baru ini dilakukan pemerintah provinsi dengan mengadakan pelatihan Penguatan Kewirausahaan Bagi Pemuda di Hotel Lombok Plaza, Selasa, 10 Maret 2020.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam acara tersebut mengatakan, modal utama sorang wirausaha adalah kerja keras dan optimisme yang tinggi. “Yang dibutuhkan oleh seorang entrepreneur adalah optimisme, angan-angan dan cita-citanya harus tinggi,” tutur Wakil Gubernur.

Selain itu, lanjutnya, target adalah salah satu hal yang sangat penting bagi seorang wirausaha. Target menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan seorang wirausaha. Jika target dapat dilampaui, maka hal ini merupakan pertanda usaha itu meningkat. Sebaliknya, jika belum melampaui, maka hal itu dapat menjadi motivasi agar bekerja lebih giat lagi.

“Jangan pernah malas untuk kerja keras dan belajar, karena kerja keras dan belajar adalah modal terbesar yang harus kita punya,” pintanya.

Ia menyampaikan bahwa pemuda-pemudi NTB sangat diharapkan menjadi wirausaha-wirausaha yang sukses agar NTB menjadi daerah yang Mandiri sesuai cita-cita NTB Gemilang.

“Saya percaya anak-anak NTB adalah anak-anak yang hebat, begitu banyak hal yang dihasilkan anak NTB,” tambah Wakil Gubernur yang akrab disapa Umi Rohmi ini.

Ia mencontohkan salah satu produk anak muda NTB yang berasal dari SMKN 1 Lingsar adalah Motor listrik pengangkut sampah yang baru saja diuji coba oleh Gubernur NTB. Tidak hanya itu, banyak produk lainnya yang dihasilkan oleh anak-anak NTB, hal ini membuktikan bahwa NTB memiliki anak-anak muda mampu bersaing dengan provinsi lainnya.

Umi Rohmi meminta para pemuda NTB agar memanfaatkan waktu luangnya untuk hal-hal positif yang berguna bagi masa depan diri, lingkungan sekitar dan bangsa Indonesia kedepannya.

“Pupuk semangat kalian, jaga mental positif yang ada pada diri kalian, pandai bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan, semoga pelatihan ini mendatangkan berkah untuk kalian semua dan juga untuk NTB Gemilang ke depannya,” pesan Wagub.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin, MM menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan ini dihadiri oleh 50 orang peserta. Peserta ini terdiri dari berbagai kabupaten/kota yang memiliki latar belakang usaha berbeda-beda.

Peserta ini sebelumnya diseleksi dari ratusan pendaftar, peserta pelatihan ini yaitu pemuda yang berusia mulai dari 16-30 tahun.

Ia menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini, Dinas Pemuda dan Olahraga mendatangkan pelatih profesional untuk meningkatkan kemampuan, psikolog yang disiapkan agar wirausaha muda mampu menghadapi tantangan-tantangan dengan semangat dan petugas BNN agar para wirausaha tidak terpapar oleh Narkoba yang dapat berpengaruh pada kualitas hidup. Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari, baik di dalam, maupun di luar ruangan.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan semangat kepada wirausaha muda untuk meningkatkan kemandirian, kapasitas, kompetisi, profesionalitas dan daya saing wirausaha muda,” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *